Diagram Venn Dilengkapi Contoh Soal dan Pembahasannya

Diagram Venn Dilengkapi Contoh Soal dan Pembahasannya ~ Selamat data di Agus Blog, pada kesempatan kali ini, Agus Blog ingin membahas pelajaran matematika kelas 7 smp, yaitu "Bab. Diagram Venn"

Memang sih, untuk menguasai pelajaran matematika itu dibutuhkan sebuah kedisiplinan dalam melatih diri mengerjakan soal soal latihan, jadi memang agak berbeda dengan mata pelajaran yang lainnya yang hanya dengan menghafal.

Kalau Agus Blog boleh bilang, sebenarnya matematika itu bukanlah pelajaran yang sulit loo, kuncinya mau berlatih, bertanya saat bingung, dan selalu semangat untuk mempelajarinya.

Diagram Venn Dilengkapi Contoh Soal dan Pembahasannya


Baik langsung saja, berikut penjelasan mengenai Diagram Venn.

Contoh Soal 1
Dalam Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang, dipeoleh data 68 orang suka sepak bola, 50 orang suka voly, dan 8 orang suka keduanya, sedangkan 35 orang tidak suka sepak bola maupun voly. Hitung banyaknya orang dalam kelompok tersebut!

Jawab:
Kita gunakan diagram ven untuk menjawab soal tersebut. Jika kita gambarkan dengan diagram ven maka gambarnya seperti gambar berikut ini.


Banyak orang yang ada di dalam kelompok tersebut adalah 60 + 8 + 42 + 35 = 145 orang. Jadi, banyaknya orang dalam kelompok tersebut ada 145 orang.

Contoh Soal 2
Dalam Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok orang diketahui 20 orang suka minum kopi, 25 orang suka minum susu, dan 12 orang suka susu dan kopi. Dari data tersebut, carilah.
a. jumlah semua orang yang diteliti
b. jumlah orang yang suka susu saja
c. jumlah orang yang suka kopi saja
d. jumlah orang yang suka kedua-duanya

Jawab:
Untuk menjawab soal tersebut, pertama-tama membuat data tersebut menjadi bentuk diagram ven. Jika digambarkan, maka bentuk diagram vennya menjadi seperti gambar berikut ini.
Dari diagram venn di atas maka.
a. jumlah orang yang diteliti = 33 orang
b. jumlah orang yang suka susu saja = 13  orang
c. jumlah orang yang suka kopi saja = 8 orang
d. jumlah orang yang suka susu dan kopi = 12 orang

Contoh Soal 3
Hasil survey terhadap 35 orang warga desa Suka Maju, diperoleh hasil sebagai berikut: 18 orang menyukai teh, 17 orang menyukai kopi, 14 orang menyukai susu, 8 orang menyukai minum teh dan kopi, 7 orang menyukai teh dan susu, 5 orang menyukai kopi dan susu, 3 orang menyukai ketiga-tiganya. Buatlah diagram Venn dari keterangan di atas dan tentukan banyaknya warga menyukai teh, menyukai susu, menyukai kopi, dan tidak menyukai ketiga-tiganya.

Jawab:
Diagram Venn dari keterangan di atas seperti gambar berikut ini.
Dari diagram venn di atas maka dapat diketahui bahwa, banyaknya warga desa Suka Maju @ yang gemar minum teh saja ada 6 orang, 
@ yang gemar minum susu saja ada 5 orang, 
yang gemar minum kopi saja ada 7 orang,  
yang tidak gemar ketiga-tiganya ada 3 orang.

Contoh Soal 4
75 orang pada sebuah perusahaan diteliti. Di antara pekerja tersebut 50 orang berlangganan koran, 25 orang berlangganan majalah, dan 10 berlangganan majalah dan koran. Dengan menggunakan bantuan diagram Venn, tentukan banyaknya pekerja di perusahaan tersebut yang tidak berlangganan keduanya!

Jawab:
Jika digambarkan, maka bentuk diagram vennya menjadi seperti gambar berikut ini.
Berdasarkan gambar diagram venn di atas maka banyaknya pekerja di perusahaan tersebut yang tidak berlangganan keduanya ada 10 orang.

Demikian beberapa contoh soal dan pembahasannya tentang diagram venn yang bisa Agus Blog sharekan, semoga bermanfaat. Dapatkan materi matematika smp lainnya di Blog ini.

1 komentar: