Rangkuman, Contoh Soal, dan Pembahasan Limas Lengkap

Rangkuman, Contoh Soal, dan Pembahasan Limas Lengkap ~ Haloo Adik-adik SMP, selamat datang di Agus Blog. Blog pendidikan tempat berbagi dan belajar.

Bagaimana kabar adik-adik hari ini...? semoga adik-adik selalu diberi kesehatan. Aamiin

Pada kesempatan kali ini Agus Blog akan berbagi rangkuman, contoh soal serta pembahasan dan soal latihan Limas. Silahkan pelajari baik-baik, semoga bisa membuat kalian paham.


Dalam geometri, limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga. Limas memiliki n + 1 sisi, 2n rusuk dan n + 1 titik sudut.
sebagai contoh :
Pada sebuah limas segitiga, banyaknya titik sudut dan bidang sisi datar ada sejumlah empat. Limas segi empat memiliki banyak titik sudut sama dengan 4 dan bidang sisi juga sama dengan 4.

nama limas bergantung pada bentuk alas limas. Sebuah limas dengan alas segitiga disebut sebagai limas segitiga. Sedangkan limas dengan alas segi empat disebut sebagai limas segi empat, dan lain sebagainya.


Berikut beberapa jenis limas yang sesuai dengan Alasnya :


Limas segitiga













limas segi tiga
Jenis bangun ruang limas yang pertama yaitu limas segitiga. Limas segitiga adalah bangun ruang limas yang alasnya memiliki bentuk segitiga (bisa segitiga sama sisi, sama kaki, siku siku maupun segitiga sembarang).
Limas segi empat
limas segi empat
Selanjutnya ialah limas segiempat merupakan limas yang bangunan alasnya memiliki bentuk segiempat (persegi, persegi panjang, layang layang, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, atau lainnya).
Limas segi lima
limas segi lima
Sama halnya dengan limas segitiga dan limas segiempat diatas, limas segilima juga memiliki alas yang berupa bangun segi lima. Bisa berupa segi lima teratur ataupun segi lima sembarang
Limas segi enam
limas segi enam
Selanjutnya bangun ruang limas segi enam. Bangun ruang ini yaitu bangun ruang yang alasnya memiliki bentuk segienam, segi enam yang teratur maupun segi enam sembarang.

Selanjutnya kita akan membahas tentang rumus Volume dan Luas Permukaan Limas, sebelumnya silahkan kalian simak video berikut ini :




Volume Limas

Besar volume limas menunjukkan daya tampung atau kapasitas/isi yang dapat dimuat melalui limas tersebut. Rumus volume limas secara umum dinyatakan melalui persamaan luas alas dikali tinggi limas (t). Untuk mencari luas alas limas bergantung pada bentuk alasnya.
Rumus volume limas secara umum dinyatakan seperti persamaan berikut.
Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas | idschool









Pada limas segitiga, luas alas dapat dicari menggunakan rumus L = ½ × a × t, di mana a adalah alas segitiga dan t adalah tinggi segitiga. 

Sedangkan pada limas segi empat jika alasnya berbentuk persegi maka L= sisi x sisi, dan jika alasnya berbentuk persegi panjang maka luasnya = p × ℓ 

Luas Permukaan Limas

Jumlah daerah yang menjadi sisi pada alas dan sisi – sisi tegak pada limas merupakan luas permukaan limas. Sehingga, menjumlahkan sisi – sisi pada limas tersebut adalah cara untuk menghitung besar luas permukaan limas. Luas alas suatu limas dapat serupa segitiga, segi empat, segi lima, atau segi – n. Cara mencari luas alas tergantung dari bentuk alas limas.
Rumus luas permukaan limas secara umum dinyatakan seperti persamaan berikut.
Rumus Luas Permukaan Limas
yang perlu kalian perhatikan, bahwa untuk mencari luas permukaan limas tidak menggunakan tinggi limas, tetapi adalah tinggi segitiga.
untuk lebih jelas tentang penggunakan rumus volume dan luas permukaan limas, silahkan kalian perhatikan pada contoh berikut ini :

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1 – Soal Penggunaan Rumus Limas Segi Empat
Perhatikan sebuah limas dengan alas berbentuk persegi panjang berikut!
Diketahui tinggi limas T.ABCD adalah 9 cm. Tentukanlah besar volume limas 









Pembahasan:
Menghitung volume:
V = ⅓ × Lalas limas × tlimas
V = 1/3 × (24 × 12) × 9
V = 864 cm3

Contoh 2 – Soal Mencari Volume Limas Segitiga



Contoh Soal Volume Limas

Pembahasan:
Bangun pada soal yang diberikan adalah limas dengan alas segitiga siku – siku dengan alas segitiga = 6 cm dan tinggi segitiga = 8 cm. Tinggi limas tersebut sama dengan TC = 10 cm. Sehingga, volume tersebut adalah,
  
\[ L = \frac{1}{3} \times L_{alas} \times t_{limas} \]
  
\[ L = \frac{1}{3} \times \left( \frac{1}{2} \times a_{segitiga} \times t_{segitiga} \right) \times t_{limas} \]
  
\[ L = \frac{1}{3} \times \left( \frac{1}{2} \times 6 \times 8 \right) \times 10 \]
  
\[ L = \frac{1}{3} \times 24 \times 10 \]
  
\[ L = 80 \; cm^{3} \]
Jawaban: D
Contoh 3 – Soal Mencari Luas Permukaan Limas 
Tentukan Luas Permukaan limas segiempat berikut ini :
Limas Segiempat
Sumber :
Idschool.netwikipedia.com, Indtri math (Youtube), nidokna.com

Kunjungi Juga :
https://agus-sn.blogspot.com/2020/04/soal-plus-pembahasan-luas-permukaan.html

Demikian Rangkuman, Contoh Soal, dan Pembahasan Limas Lengkap, Semoga bermanfaat

0 komentar