JADWAL PENDAFTARAN SPAN PTKIN DAN UM PTKIN TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Jadwal Pendaftaran seleksi Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri PTKIN melalui Jalur SPAN PTKIN dan Jalur UM PTKIN tahun akademik 2020/2021 ~ Selamat datang di Agus Blog. Blog pendidikan tempat berbagi dan belajar.

 

Kementerian Agama telah merilis jadwal Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). SPAN ­UM PTKIN telah dirilil oleh Menag Fachrul Razi di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Dalam rilis tersebut dinyatakan bahwa Jadwal pendaftaran SPAN PTKIN akan dimulai tanggal 3 Februari ­ 28 Pebruari 2020. Sedangkan untuk Jadwal pendaftaran UM PTKIN akan berlangsung dari 15 April sampai dengan 29 Mei 2020.

Adapun jadwal lengkap Pendaftaran SPAN PTKIN tahun akademik 2020/2021 adalah sebagai berikut.
  • Pengisian PDSS tanggal 06 Januari ­ 31 Januari 2020
  • Verifikasi PDSS tanggal 06 Januari ­ 31 Januari 2020
  • Pendaftaran 03 Februari ­ 28 Februari 2020
  • Proses Seleksi I tanggal 2 ­ 13 Maret 2020
  • Proses Seleksi II tanggal 16 ­ 20 Maret 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi tanggal 10 April 2020


Sebagaimana diketahui, jalur SPAN PTKIN merupakan Jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri PTKIN tanpa seleksi tertulis, penentuan kelulusan calon mahasiswa berdasarkan prestasi siswa­siswi di sekolah dan madrasah dengan melihat nilai raport dan prestasi lainnya. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPANPTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah masing-­masing.

Adapun persyaratan calon peserta seleksi masuk PTKIN melalui Jalur SPAN PTKIN tahun akademik 2020/2021 adalah sebagai berikut: 
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah kelas terakhir pada tahun 2020; 
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); 
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah; 
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN. 

Jadi apabila kamu pelajar SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah mau daftar SPAN PTKIN silahkan lapor diri ke wakasek kurikulum di sekolah/madarasahmu.


Untuk jalur UM PTKIN seleksi dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk Persyaratan Calon Mahasiswa PTKIN melalui jalur UM PTKIN adalah sebagai berikut :
  1. Lulus tahun 2018, 2019, dan 2020 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dan Kementerian Agama RI; 
  2. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah; 
  3. Bagi Lulusan tahun 2020 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah; 
  4. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian; 
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN. 

Demikian info Mengenai Jadwal Pendaftaran SPAN PTKIN dan UM PTKIN Tahun Akademik 2020/2021. Semoga bermanfaat.

0 komentar