DOWNLOAD PEDOMAN FESTIFAL MENULIS GURU PGRI TAHUN 2018

DOWNLOAD PEDOMAN FESTIFAL MENULIS GURU PGRI TAHUN 2018 ~ Selamat datang di Agus Blog. Blog pendidikan tempat berbagi dan belajar.

Bagaimana kabar bapak/ibu guru hari ini.....? semoga selalu dalam kondisi yang baik. Amiin

Pada kesempatan kali ini Agus Blog akan berbagi informasi mengenai "Pedoman Festifal Menulis Guru PGRI Tahun 2018". Berikut informasi selengkapnya :


Latar belakang 
Salah satu program kegiatan Pengurus Besar PGRI pada tahun 2018 adalah Festival Menulis Guru PGRI. Menulis merupakan gerbang peradaban dunia, Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat karena dengan menulis bisa memperlihatkan luasnya dunia. Menulis sebagai bagian dari budaya literasi menjadi sangat penting bagi seorang guru yang mempunyai tugas mulia mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan membekali para peserta didiknya untuk membangun bangsa. Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh semua guru.     

Keterampilan menulis adalah keterampilan paling tinggi dalam berbahasa. Di dalam aktivitas menulis, seseorang berusaha menata gagasan sesuai dengan topik tertentu melalui berbagai lambang kebahasaan, termasuk kaidah yang digunakan. Menulis adalah sebuah wujud kreativitas manusia. Guru perlu melakukan kreativitas menulis dalam rangka mendorong dan memotivasi peserta didik untuk gemar membaca dan menulis. Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi dalam pendidikan di sekolah. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Pengurus Besar PGRI menyelenggarakan Festival Menulis PGRI Guru Tahun 2018 dengan tema: "Pendidikan di Abad 21". Festival ini memberi kesempatan kepada para guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan sederajat untuk menunjukkan bakat dan talentanya dalam menulis.  

PEDOMAN FESTIFAL MENULIS GURU PGRI TAHUN 2018



Tujuan 
Festival Menulis Guru PGRI ini bertujuan: 
  1. Membangkitkan minat guru PGRI dalam aktivitas menulis dalam bentuk cerita dan artikel. 
  2. Memberi tantangan kepada guru PGRI untuk mengembangkan keterampilan abad 21 melalui sebuah tulisan. 
  3. Mengasah dan meningkatkan kemampuan guru PGRI untuk menyusun cerita dan artikel yang berkualitas dan layak dibaca. 
  4. Memupuk sikap positif, rasa cinta, dan bangga terhadap budaya tulis. 
  5. Menggali kemampuan para guru PGRI yang memiliki kemampuan menulis cerita dan artikel. 
  6. Menumbuhkan kreativitas guru PGRI dalam meningkatkan mutu pendidikan. 


Lingkup dan Sasaran 
  1. Lingkup yang dilombakan dalam festival ini adalah tulisan tentang cerita anak, cerita remaja, dan artikel. 
  2. Sasaran kegiatan Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018 adalah para guru anggota    PGRI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru: 

a. Guru TK/RA; b. Guru SD/MI; c. Guru SMP/MTs; d. Guru SMA/SMK/MA/MAK; dan e. Guru SLB.   

Hasil Yang Diharapkan 
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: 
  1. Munculnya motivasi guru untuk menulis cerita anak dan remaja, serta artikel mengangkat budaya lokal daerah dari seluruh Indonesia.  
  2. Terdokumentasikan karya guru berupa cerita anak dan remaja, serta artikel mengangkat budaya lokal daerah dari seluruh Indonesia. 
  3. Terdiseminasikannya hasil karya guru berupa cerita anak dan remaja serta artikel mengangkat budaya lokal daerah kepada teman sejawat. 
  4. Terpublikasikannya hasil karya guru berupa cerita anak dan remaja serta artikel dari karya terbaik Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi,  dan Tingkat Nasional yang dapat digunakan sebagai referensi dan inspirasi dalam peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.  


Waktu Pelaksanaan 
Fesitival Menulis Guru PGRI dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional. 
  1. Tingkat provinsi dilaksanakan mulai awal bulan September 2018 sampai dengan pertengahan bulan Oktober 2018. 
  2. Tingkat Nasional dilaksanakan mulai  pertengahan bulan Oktober 2018 sampai dengan Akhir November 2018 
  3. Pengurus PGRI Kabupaten/Kota yang memiliki keinginan untuk menyelenggarakan Festival Menulis Guru tingkat kabupaten/kota dapat dilaksanakan sebelum penyelenggaraan tingkat provinsi, dengan mengacu kepada penyelenggaraan festival tingkat provinsi. Naskah pemenang 1 masing-masing kategori dikirim ke Pengurus PGRI Provinsi untuk diseleksi. 
Untuk Info selengkapnya, silahkan klik link di bawah ini :

Kunjungi Juga :
Pedoman Festifal Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru PGRI Tahun 2018

Demikian Info mengenai " DOWNLOAD PEDOMAN FESTIFAL MENULIS GURU PGRI TAHUN 2018 ". Semoga bermanfaat

0 komentar