Paket Soal Siap UKG SD 2015 | Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi UKG
berbagi soal UKG 2015 untuk SD, semoga bisa membantu bapak ibu guru SD dalam
mempersiapkan Tes UKG SD.
Semoga bermanfaat, kalau menginginkan file download, bisa di download pada link
paling bawah
Berikut, PAKET SOAL SIAP UKG SD 2015
1. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran
berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
2.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah
ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat Kesulitan
c. Sarana Pendukung
d. Bakat dan Minat Siswa
e. Intake Siswa, TIngkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
3.
Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioman
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
d. fakta, konsep definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
4. Untuk
memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a. kompetensi dasar
b.
standar kompetensi
c.
indikator
d.
metode pembelajaran
e.
sumber belajar
5. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian
materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1.
potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan
karakteristik daerah
2.
tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual
peserta didik
3.
kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas,
kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4.
kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5.
relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan
alokasi waktu
6. dana
yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang
diampu,guru harus memperhatikan antara
lain nomor….
a. 1,
2, 3, 4
b. 2, 3, 5, 6
c. 1, 2, 3, 5
d. 1,
2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis
untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a.
menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat
dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d.
merencanakan pengajaran remidi
e.
mengadakan tes remidi
7. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
a.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang
berbeda
b.
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
d. diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya
yang memiliki kesulitan tinggi
e.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
8. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil
belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai
teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai
teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan
program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan
program perbaikan dan pengayaan
e. Semua
indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa
hasil penilaian
9. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru
bersama peserta didik melakukan kegian refleksi.
Hal
ini dilaksanakan untuk….
a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur
hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan
berikutnya
e. mengetahui materi yang belum terbahas dalam
proses pembelajaran
10. Untuk menghindari penilaian yang subjektif
dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik,
maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a. soal pilihan ganda
b. soal jawaban singkat
c. soal uraian objektif
d. kriteria
e. tes performance
11. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan
dengan cara….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap
tugas-tugas peserta didik
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
c. mengumpulkan
hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami
pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
e. mengumpulkan lembaran-lembaran hasil
pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
12. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a. substansi,
konstruksi, bahasa
b. substansi, konstruksi, validitas, skor
c. substansi, bahasa konstruksi, skor
d. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e. substansi, konstruksi, validitas,
reliabilitas
13. Di bawah ini yang merupakan ciri dari
penilaian kelas adalah….
a. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi
tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu
soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil
tes
c. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan
instrument penilaian
d. Belajar
tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
e. Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau
teskinerja, tugas proyek, portofolio
14. Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul
adalah….
a. Penilaian hasil
belajar oleh pendidik
digunakan untuk menilai
pencapaian kompetensi peserta
didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
b. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester,
ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c. Penilaian hasil belajar oleh satuan
pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada
semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
d. Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN)
dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan
pendidikan
e. Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran
kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
15. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar
yang baik meliputi aspek….
a. kepribadian, kognitif, afektif
b. kognitif, kepribadian, psikomotor
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif,
psikomotor, afektif
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Soal Siap UKG SD 2015
Soal Siap UKG SD 2015
Kunjungi Juga :