AGUS BLOG

Blog Pendidikan Tempat Berbagi dan Belajar

Soal Dan Pembahasan Nilai Fungsi Matematika SMP Kelas 8

Dalam Pelajaran Matematika Teman teman akan mendapatkan materi tentang fungsi. Apa itu Fungsi ...? Dalam matematika fungsi adalah suatu relasi yang menghubungkan setiap anggota x dalam suatu himpunan yang disebut daerah asal (Domain) dengan suatu nilai tunggal f(x) dari suatu himpunan kedua yang disebut daerah kawan (Kodomain). Himpunan nilai yang diperoleh dari relasi tersebut disebut daerah hasil ( Range). 
Pada fungsi, terdapat beberapa istilah penting, di antaranya:
– Domain yaitu daerah asal fungsi f dilambangkan dengan Df.
– Kodomain yaitu daerah kawan fungsi f dilambangkan dengan Kf.
– Range yaitu daerah hasil yang merupakan himpunan bagian dari kodomain. Range fungsi fdilambangkan dengan Rf.
Berikut Contoh Soal dan Pembahasannya


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat, dengan memberi  tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada lembar jawaban yang disediakan.
1. Pada pemetaan    bayangan dari 2 adalah …
a.  3                                    b.  8                                   c.  9                                  d.  27
Pembahasan :
f(x) = 4x - 5
f(2) = 4(2) - 5
f(2) = 8 - 5 = 3

2. Pada pemetaan     maka h(5)  adalah …
a.  33                                 b. 29                                  c. 21                               d. 17
Pembahasan :
h(x) = x^2 + 4
h(5) = 5^2 + 4
h(5) = 25 + 4 = 29

3. Pada pemetaan  f : 5 – x,  jika daerah asalnya {-3, -2, -1, 0. 1, 2, 3, 4}, maka daerah hasilnya adalah …
a.  {–1, –2, –3,  –4, –5, –6, –7, –8}                                     c.  {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
b.  {–2, –3,  –4, –5, –6, –7, –8, –9}                                    d.  {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
Pembahasan :
f(-3) = 5 - (-3) = 8                    f(1) = 5 - 1 = 4
f(-2) = 5 - (-2) = 7                    f(2) = 5 - 2 = 3
f(-1) = 5 - (-1) = 6                    f(3) = 5 - 3 = 2
f(0)   = 5 - 0       = 5                     f(4) = 5 - 4 = 1
Daerah Hasilnya = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

4. Pada pemetaan  jika daerah asalnya {x | x < 5, x Î bilangan asli }, maka daerah hasilnya adalah …
a. {–4, –8, –12, –16, –20}                                                  c. {4, 8, 12, 16, 20}
b. {–8, –12, –16, –20, – 22}                                              d. {8, 12, 16, 20, 22}
Pembahasan :
x = {1, 2, 3, 4, 5}
f(1) = 4(1) = 4             f(4) = 4(4) = 16
f(2) = 4(2) = 8             f(5) = 4(5) = 20
f(3) = 4(3) = 12          
daerah hasilnya = {4, 8, 12, 16, 20}

5. Pada pemetaan    jika daerah asalnya x Î {2, 3, 4, 5 },  rangenya adalah …
a. {4, 11, 14, 15}                                                              c.  {6, 11, 14, 17}
b.  {6, 11, 14, 15}                                                            d.  {8, 11, 14, 17}
Pembahasan :
f(2) = 3(2) + 2 = 8                f(4) = 3(4) + 2 = 14
f(3) = 3(3) + 2 = 11             f(5) = 3(5) + 2 = 17
Daerah hasilnya = {8, 11, 14, 17}

6. Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = px + q, jika f(0) = –2 dan f(2) = 4, maka nilai p dan q berturut-turut adalah …
a. 2  dan  –5                        b. – 2 dan 5                  c. 2 dan –3                      d. –2 dan 3
Pembahasan :
f(0) = -2   ®    p(0) + q = -2    ®    q = -2    
f(2) = 4
p(2) + q = 4
2p + (-2) = 4
2p - 2 = 4
2p =4 + 2 p = 6/2 = 3

7. Dari tabel di bawah ini, himpunan pasangan berurutannya adalah ….
a.  {(0, -1), (1, 1), (2, 3), (3, 5), (4, 7)}
b.  {(0, 1), (1, 1), (2, 3), (3, 5), (4, 7)}
c.  {(-1, 1), (1, 1), (3, 2), (5, 3), (7, 4)}
d. {(1, -1), (1, 1), (3, 2), (5, 3), (7, 4)}
Pembahasan :
Himpunan Pasangan berurutannya:
{(0, -1), (1, 1), (2, 3), (3, 5), (4, 7)}

8. Dari tabel fungsi f(x) = 3x – 2, rangenya adalah .....
 

a. {(2, -8), (-1, -5), (0, -2), (1, 1), (2, 4), (3, 7)}
b.  {(2, 8), (-1, 5), (0, -2), (1, 1), (2, 4), (3, 7)}
c. {(-8, -2), (-5, -1), (-2, 0), (1, 1), (4, 2), (7, 3)}
d. {(8, -2), (5, -1), (-2, 0), (1, 1), (4, 2), (7, 3)}
Pembahasan :
Range : {(2, -8), (-1, -5), (0, -2), (1, 1), (2, 4), (3, 7)}

9. Diketahui fungsi f : x ---> ax – 7 dan f(5) = 18, maka nilai a adalah …
a. 5                                        b. 6                                   c. 7                                     d. 8
Pembahasan :
f(5) = 18
5a - 7  = 18
5a = 18 + 7
5a = 25,     maka a = 5
10. Diketahui fungsi f : x ---> 3x – 11 dan f(a) = –20, maka nilai a adalah …
a. – 3                                     b. – 4                               c. – 5                                  d. – 6
Pembahasan :
f(a)        =  -20
3a - 11 = -20
3a           = -20 + 11   ®   3a  = -9 ® a = -3

11. Pada pemetaan f : x ---> 3x + 2, jika f :(a )® 38,  maka nilai a adalah …
a.  18                                    b. 16                                c. 12                                  d. 10
Pembahasan :
f(a)      = 38
3a + 2 = 38
3a        = 38 - 2
3a        = 36  ---> a = 12

12. Diketahui fungsi , jika f( a) --->  4, maka nilai a adalah …
a. 4                                       b. 5                                    c.  6                                    d. 7
Pembahasan :
<---> x + 3  = 2.4
<---> x  + 3 = 8
<--->          x = 8 - 3 = 5

13. Diketahui fungsi , jika f(a) = 10, maka nilai a adalah …
a. 22                                     b. 21                                c. 20                                  d. 19
Pembahasan :
<---> 2a - 12 =  3.10
<---> 2a           = 30 + 12
<---> 2a           = 42 ----> a = 21

14.  Diketahui fungsi f(x) = ax – b, sedangkan f(3) = 4 dan f(–5) = –28, maka nilai a dan b berturut-turut adalah …
a. –3 dan 8                        b. 3 dan – 8                   c. 4 dan 8                        d. 4 dan – 8
Pembahasan :
f(3)      = 4                     f(-5)      = -28
3a - b  = 4 .....1)          -5a - b = -28 .....2)
Eliminasi b dari pers. 1 dan 2
3a - b  = 4
5a + b = 28
________________ +
8a        = 32
a           = 4
Substitusikan a = 4 ke persamaan 1) :
3(4) - b = 4
12  - b    = 4
- b           = 4 - 12 ---> b = 8

15.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b, jika f(2) = 13 dan f(5) = 22, maka nilai a dan b berturut-turut adalah …
a. –4 dan 5                       b. 4 dan – 5                   c. 3 dan 7                        d. 3 dan – 7
Pembahasan :
f(2)      = 13                    f(5)      = 22
2a + b = 13  ..... 1)        5a + b = 22 .... 2)
Eliminasi b dari persamaan 1 dan 2

  2a + b = 13
-5a - b = -22
_________________ +
-3a = -9
a      = 3

Substitusikan a = 3 ke persamaan 1) :
2(3) + b = 13
6 + b       = 13  ----> b = 13 - 6 = 7

16.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus h(x) = px + q, jika h(–6) = 32 dan h(4) = –8, maka nilai p dan q berturut-turut adalah …
a. –2 dan 9                     b. 2 dan – 8                     c. 6  dan –4                     d. –4 dan 8
Pembahasan :
h(-6)   = 32                         h(4)     = -8
-6p + q = 32  ..... 1)          4p + q = -8 .... 2)
Eliminasi b dari persamaan 1 dan 2
 -6p + q = 32
 -4p - q = 8
_________________ +
-10p = 40
p         = -4
Substitusikan  p = -4 ke persamaan 1) :
-6(-4) + q = 32
24 + q          = 32  ----> q = 32 - 24 = 8

17. Diketahui fungsi f(x) = ax – b, sedangkan f(3) = 7 dan f(–5) = –25, maka rumus fungsi f(x) adalah …
a. f(x) = 3x +5              b. f(x) = 3x – 5               c. f(x) = 4x + 5              d. f(x) = 4x – 5
Pembahasan :
f(3)      = 7                            f(-5) = -25
3a - b = 7  ..... 1)           -5a - b = -25 .... 2)
Eliminasi b dari persamaan 1 dan 2
3a - b = 7
5a + b = 25
_________________ +
8a = 32
a    = 4


Substitusikan  a = 4 ke persamaan 1) :
3(4) - b = 7
12 - b     = 7  ----> -b = 7 - 12 = 5
Rumus fungsi f(x) = 4x - 5


18.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b, jika f(2) = 13 dan f(5) = 22, maka rumus fungsi f(x) adalah …
a. f(x) = 3x + 7            b. f(x) = 3x – 7                c.  f(x) = 2x + 5              d. f(x) = 2x – 5
Pembahasan :
f(2)      = 13                  f(5)      = 22
2a + b = 13  ..... 1)      5a + b = 22 .... 2)
Eliminasi b dari persamaan 1 dan 2
  2a + b = 13
-5a - b = -22
_________________ +
-3a        = -9
a              = 3
Substitusikan a = 3 ke persamaan 1) :
2(3) + b = 13
6 + b       = 13  ----> b = 13 - 6 = 7
Rumus funfsi f(x) = 3x + 7

19.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus h(x) = px + q, jika h(–6) = 32 dan h(4) = –8, maka rumus fungsi h(x) adalah …
a. f(x) = – 5x + 8        b. f(x) = –5x  – 8             c. f(x) = – 4x + 8             d. f(x) = –4x  – 8
Pembahasan :
h(-6)   = 32                     h(4)    = -8
-6p + q = 32  ..... 1)      4p + q = -8 .... 2)
Eliminasi b dari persamaan 1 dan 2
 -6p + q = 32
 -4p - q = 8
_________________ +
-10p      = 40
p             = -4
Substitusikan  p = -4 ke persamaan 1) :
-6(-4) + q = 32
24 + q          = 32
q                    = 32 - 24 = 8
Jadi rumus fungsi f(x) = -4x + 8

20. Nilai a, b dan c dari tabel  f(x) = 2x + 2, berturut-turut adalah …
  



a. [2, 4, 6}                          b. [2, 6, 8}                          c. [4, 6, 8}                     d. [4, 8, 10}
Pembahasan :
f(0) = 2(0) + 2  ®  a     = 2
f(2) = 2(2) + 2 ® b      = 6
f(3) = 2(3) + 2
   c    = 8   -----> maka nilai a, b, dan c = [2, 6, 8]


II.
Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.
Diketahui A = {1, 2, 3, 4} dan B = {a, b, c, d}
a.     Tulislah himpuanan pasangan berurutan yang menunjukkan korespondensi satu-satu dari A ke B !
b.    Berapakan banyak koresponden satu-satu dari A ke B ?



Pembahasan :

a. {(1, a), (2, b), (3, c), (4, d)}
b.   (1 x 2 x 3 x 4) = 24


2.
Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b, jika f(2) = 13 dan f(5) = 22.
Tentukan :
a.      Nilai a dan b
b.     rumus fungsi f(x)
c.     Tentukan nilai f(10)

Pembahasan :


a.  f(x) = ax + b, jika f(2) = 13 maka :
f(2) = 2a + b  ®  2a + b = 13 … 1)
f(x) = ax + b, jika f(5) = 22 maka :
f(5) = 5a + b  ®  5a + b = 22 … 2)

Eliminasi b dari pers. 1) dan 2)
2a + b = 13
5a + b = 22 –
−3a     = −9  ®a = 3
Substitusikan a = 3 ke pers.  1)
2a + b = 13 ® 2(3) + b = 13
®      6 + b = 13  ®b = 7

b. Substitusikan a = 3 dan b = 7 ke fungsi f, maka rumus fungsi menjadi : f(x) = 3x + 7
c. f(x)     = 3x + 7, jika f(10) maka :
f(10)  = 3(10) + 7
= 30 + 7 = 37
3.
Fungsi f dinyatakan dg rumus h(x) = px + q, jika h(–6) = 32 dan h(4) = –8,
Tentukan :
a. Nilai p dan q                        b.  rumus fungsi h(x)                   c. nilai h(−2)


Pembahasan :


a.  h(x) = px + q, jika h(−6) = 32 maka :
h(−6) = −6p + q ®−6p + q = 32 … 1)
h(x) = px + q, jika h(4) = −8 maka :
h(4) = 4p + q ® 4p + q = −8 … 2)

Eliminasi q dari pers. 1) dan 2)
−6p + q = 32
4p + q = −8 –
−10p     = 40  ®p = −4
Substitusikan p = −4 ke pers.  1)
−6p + q = 32 ® −6(−4)  + q = 32
®           24 + q = 32
®q = 32 – 24 = 8
b. Substitusikan p = −4 dan q = 8 ke fungsi h, maka rumus fungsi menjadi : h(x) = −4x + 8
c. h(x)    = −4x + 8, jika h(−2) maka :
h(−2) = 3(−2) + 8 = −6 + 8 = 2


Untuk mendownload File nya klik gambar dibawah ini







Semoga Bermanfaat, Selamat Berlatih



Soal Dan Pembahasan Nilai Fungsi Matematika SMP Kelas 8

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Agus Blog ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:
Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Artikel Terkait

  • Download Rangkuman SKL UN IPA SMP Super Lengkap Download Rangkuman SKL UN IPA SMP Super Lengkap ~ Selamat datang di Agus Blog, Blog pendidikan tempat berbagi dan belajar. Pada kesempatan kali ini Agus Blog akan berbagi Rangkuman SKL UN IPA SMP. Rangkuman ini dibuat dem…
  • Download Soal Latihan UTS Matematika SMP 2015/2016 Kelas 7, 8, 9 Hai, Selamat datang di Agus Blog, mengingat bahwa bulan oktober 2015 sebagian besar sekolah sedang melakukan Ujian tengah semester  SMP 2015/2016, maka Agus Blog ingin berbagi beberapa link download File Soal Latihan UT…
  • Download Kumpulan Soal TPM Sleman 2017 Lengkap Download Kumpulan Soal TPM Sleman 2017 Lengkap ~ Selamat datang kembali di Agus Blog, Blog pendidikan tempat berbagi dan belajar. Ngomong ngomong gimana kabar hari ini teman-teman? semoga sehat selalu ya (^_^). Amiin Meng…
  • KUMPULAN SOAL SIAP UN MATEMATIKA SMP 2016/2017 SESEUAI KISI KISI KUMPULAN SOAL SIAP UN MATEMATIKA SMP 2016/2017 ~ Menindaklanjuti Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SMP 2016/2017 yang sudah resmi dikeluarkan oleh BSNP, pada kesempatan kali ini Agus Blog berusaha mengumpulakan contoh-contoh soa…
  • Latihan Soal UKK Mapel BHS Indonesia Kelas 8 SMP 2016/2017 Latihan Soal UKK Mapel BHS Indonesia Kelas 8 SMP 2016/2017 ~ Selamat datang di Agus Blog, Alhamdulillah di pagi yang cerah ini Agus Blog bisa kembali berbagi informasi mengenai pendidikan.  Pada artikel kali ini Agus…

6 komentar

Terima kasih sangat senang berkunjung ke website Anda
Sangat Bermanfaat. Salam Kenal
Soal Matematika SMA

Bagus blog nya, berisi berbagai jenis soal fungsi kelas 8. Moga suksek dg blog nya.

Amiin, terimakasih atas kunjungannya

sama-sama, terimakasih atas kunjungannya :)

Trimakasih blognya bermanfaat

Page Menu

Back To Top