Media Berbagi

Sukses Jalani Ramadhan Bersama Lazada

Sukses Jalani Ramadhan Bersama Lazada ~ Bulan ramadhan telah tiba. Saatnya umat islam berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadah di bulan ini. Karena bulan ini adalah bulan penuh rahmat, ampunan, dan berkah.  Allah menjanjikan untuk melipatgandakan pahala  setiap amal ibadah yang kita lakukan. Jadi jangan sia-siakan bulan suci ramadhan karena belum tentu kita semua dapat melihatnya lagi. Di bulan suci ramadhan, sebaiknya manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Selain berpuasa ada beberap amalan-amalan yang dianjurkan selama bulan puasa ramadhan sesuai sunnah Rasul SAW  yaitu :


Gb. Sukses Jalani Ramadhan Bersama Lazada


  • Membaca Al-Qur’an (Tilawah)
Al-Qur’an diturunkan perama kali di bulan Ramadhan. Maka tak heran jika Rasulullah saw. lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.
Buat target. Jika di bulan-bulan lain kita khatam membaca Al-Qur’an dalam sebulan, maka di bulan Ramadhan kita bisa memasang target dua kali khatam. Lebih baik lagi jika ditambah dengan menghafal satu juz atau surat tertentu. Ini bisa dijadikan program unggulan bersama keluarga.

  • Memberikan makanan untuk berbuka puasa (Ith’amu ath-tha’am)
Amal Ramadhan yang juga dianjurkan Rasulullah saw adalah memberikan santapan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa. “Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Turmudzi dan An-Nasa’i)
Sebenarnya memberi makan untuk orang berbuka hanyalah salah satu contoh bentuk kedermawanan yang ingin ditumbuhkan kepada kita. Masih banyak bentuk sedekah yang bisa kita lakukan jika kita punya kelebihan rezeki. Peduli dan sigap menolong orang lain adalah sifat yang ingin dilatih dari orang yang berpuasa.

  • Memperbanyak sedekah
Memperbanyak sedekah memang salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Dimana menyedekahkan sebagian harta yang anda miliki memang suatu hal yang mulia. Karena dengan demikian, Rizki yang anda sedekahkan di bulan suci ramadhan, Mendapat balasan yang berlipat ganda di sisi Allah SWT. Dengan tanda kutip, Pemberian disertai niat yang tulus dan ikhlas. Dan anjuran Rasulullah SAW agar umat muslim memperbanyak sedekah terutama di bulan suci ramadhan, Berdasarkan sabda beliau yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA5. 

  • Shalat Tawawih (Qiyamul Ramadhan)
Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Rasulullah saw pernah merasa khawatir karena takut shalat tarawih dianggap menjadi shalat wajib karena semakin hari semakin banyak yang ikut shalat berjamaah di masjid sehingga beliau akhirnya melaksanakan shalat tarawih sendiri di rumah.  Ada yang meriwayatkan beliau melaksanakan shalat tarawih berjamaan hanya tiga hari. Saat itu Rasulullah saw melakukannya secara berjamaah sebanyak 11 rakaat dengan bacaan surat-surat yang panjang. Tapi, di saat kekhawatiran akan diwajibakannya shalat tarawih sudah tidak ada lagi, Umar bi Khattab menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih adalah 21 atau 23 rakaat (HR. Abdur Razzaq dan baihaqi).

  • I’tikaf
Inilah amaliyah ramadhan yang selalu dilakukan Rasulullah saw. I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribada kepada Allah swt. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sayangnya, ibadah ini dianggap berat oleh kebanyakan orang Islam, jadi sedikit yang mengamalkannya. Hal ini dikomentari oleh Imam Az-Zuhri, “Aneh benar keadaan orang Islam, mereka meninggalkan i’tikaf padahal Rasulullah tidak pernah meninggalkannya sejak beliau datang ke Madinah sampai beliau wafat.”

  • Menghidupkan malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, Yang mana malam mulia ini berdasarkan pendapat yang paling kuat, Rasulullah saw. amat menjaga-jaga untuk bida meraih lailatul qadar. Maka, Beliau menyuruh kita mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.. Dan pada malam-malam tersebut alangkah baiknya jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti I’tikaf, memperbanyak do’a, mengerjakan sholat malam dan amalan lainnya.

  • Umrah
Jika Anda punya rezeki cukup, pergilah umrah di bulan Ramadhan. Karena, pahalanya akan berlipat-lipat. Rasulullah saw. berkata kepada Ummu Sinan, seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara denagn haji bersama Rasulullah saw. (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Memperbanyak istighfar pada malam akhir Ramadhan
Meminta pengampuanan pada malam akhir Ramadhan juga salah satu amalan yang sangat penting. Karena pada malam tersebut akan memberi banyak pengampunan bagi setiap dosa-dosa hamba Allah SWT yang meminta pengampunanNya. Hal demikian sesuai dengan hadits nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar.

  • Zakat Fitrah
Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir oleh umat Islam, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

Nah untuk melakukan amalan-amalan tersebut tentunya kita harus meluangkan banyak waktu kita dirumah maupun di masjid. Sebagai ibu rumah tangga tentunya juga disibukkan dengan aktivitas belanja. Untunglah sekarang ada solusi untuk berbelanja tanpa harus menghabiskan banyak waktu diluar yaitu belanja online bersama lazada.co.id. Mengapa penulis memilih lazada di banding online shop lainya, berikut adalah alasanya :

1. Banyak potongan harga yang diberikan
Tentunya sebelum belanja, sebagai pembeli yang cerdik kita harus membandingkan harga terlebih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik. Dari beberapa online shop, penulis sering menemukan bahwa lazada lah yang memberikan harga termurah.

2. Biaya pengiriman gratis
Banyak produk-produk lazada yang biaya pengirimanya gratis tetepi juga harganya standar pokoknya ok banget deh.

3. Pengiriman barangya cepat
Terkdang yang membut malas belanja online adalah pengirimanya yang lama. Tapi di Lazada jika sudah melakukan pembayaran barang bisa kita terima 2 – 7 hari jadi tidak perlu menunggu terlalu lama.

4. Pembayaran bisa lewat Indomaret
Ini yang sangat menyengkan. Kita tidak perlu ke Bank untuk membayar belanjaan kita yang kan menguras banyak wktu kita. Cukup bayar di Indomaret terdekat tanpa biaya admistrasi, beres deh. Tinggal tunggu barang kita sampai.

5. Ada stiker pengembalian barang
Lazada memberikan stiker pengembalian barang bersamaan dengan pengiriman barang jadi jika kita tidak puas dengan barang yang kita terima kita bis langsung mengembalikan barang kita dengan stiker tersebut. Lumayan kan!.

6. Bisa COD(Cash On Delivery)
Bila merasa ragu akan kualitas barang ketika berbelanja online, maka kita bisa memilih situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery), salah satunya ya Lazada ini.
Nah itulah kenapa saya suka berbelanja di Lazada. jadi menyambut buan ramadhan ini tak perlulah sering keluar menghabiskan waktu berbelanja. cukup buka situs lazada dan beli barang yang kita inginkan. Mudah, cepat dan hemat. Jadi ada banyak waktu yang bisa kita pakai bersama keluarga untuk beribadah tentunya.

Demikian Tips Sukses Jalani Ramadhan Bersama Lazada. Semoga bermanfaat 

0 comments:

Post a Comment