PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SD TAHUN 2018

PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SD TAHUN 2018 ~ Pendidikan abad 21 menurut guru untuk menghasilkan generasi global yang memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kereativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan mampu berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pemeraintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.

PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SD TAHUN 2018


Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SD secara efektif dan efisien.

Tujuan
Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018, sebagai berikut.
1. memotivasi untuk melakukan inovasi pembelajaran;
2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
3. menghasilkan karya inoovasi pembelajaran;
4. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
5. menampilkan hasil karya inovasi pembelajaran;
6. mempublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding atau jurnal;
7. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berprestasi.

Tema dan Isi Karya Lomba
Tema Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018: "lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad ke-21". Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, media, dan evaluasi pembelajaran.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan download pada link di bawah ini :

0 komentar