Tips Jitu Menjadikan Pelajaran Matematika Mudah Untuk Dikuasai

Tips Jitu Menjadikan Pelajaran Matematika Mudah Untuk Dikuasai ~ Matematika, merupakan salah satu matapelajaran yang sangat penting. 

Kenapa dikatakan penting? 

Karena matapelajaran yang satu ini selalu diujikan dalam Ujian Nasional (UN) baik mulai dari tingkat SD, SMP bahkan tingkat SMA/SMK. Maka dari itu matematika haruslah kita pelajari dengan baik, bukan malah kita takuti atau kita tinggalkan sejauh jauhnya..... (^_^). 

Pada kesempatan kali ini, Agus Blog ingin mengajak adik-adik merubah pandangan mengenai pelajaran matematika, yang tadinya terkesan sulit menjadi mudah.


Singkat Cerita :
Penulis pada awalnya bukanlah pecinta pelajaran berhitung (Matematika), karena pelajaran ini terkesan sangat sulit, membosankan dan membingungkan apalagi ditambah gurunya yang mengerikan hiii. Tetapi sobat, seiring berjalannya waktu, penulis merasakan bahwa pelajaran matematika tidak akan bisa hindari !!!. "Mau atau tidak mau, pasti pelajaran ini akan kita hadapi". Nah, bermula dari pemikiran tersebut akhirnya penulis memaksa untuk mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, Hingga akhirnya penulis bisa menguasai nya dan menjadikan pelajaran matematika sebagai salah satu pelajaran yang paling disukai.

Berikut Tips agar menjadikan pelajaran matematika bisa dikuasai dengan mudah :

1. Perhatikan Pejelasan Guru dan Catat Penjelasannya
Saat guru menjelaskan materi, perhatikan dengan baik dan jangan lupa catat secara singkat penjelasan dari guru (untuk mencegah lupa saat kita mengulas kembali materi di rumah)

2. Baca, Pahami dan Latihan
Sepulang sekolah, jangan lupa longgarkaan waktu sejenak untuk mengulas materi yang tadi dijelaskan saat di sekolah, kemudian pahami lebih mendalam dan selanjutnya praktekkan dengan mencoba mengerjakan kumpulan latihan soal. (Biasanya penulis berlatih mengerjakan latihan soal-soal yang ada di buku lembar kerja siswa maupun soal di buku paket.

3. Tanyakan Untuk Materi Yang Belum Begitu Dimengerti
Tidak jarang penulis mengalami kesulitan disaat mempelajari matematika. Saat mengalami hal tersebut biasanya penulis akan bertanya secara langsung kepada teman yang sudah menguasai, dan juga bertanya kepada guru. (Kuncinya jangan malu bertanya ya)

4. Perbanyak Latihan
Setiap harinya penulis berlatih mengerjakan latihan soal-soal matematika, Hingga yakin bahwa materi yang sedang dipelajari benar-benar sudah dikuasai dan siap melanjutkan materi yang lainnya. 

5. Menguasai Materi yang Belum Dijelaskan (1 langkah kedepan)
Menguasai materi yang sedang dipelajari disekolah itu merupakan hal yang biasa, tetapi mempelajari dan menguasai materi yang belum diajarkan disekolah itu hal yang luar biasa. Inilah kunci keberhasilan penulis dalam menguasai matematika dengan mudah. Jadi, apabila adik-adik sudah menguasai materi yang sedang dipelajari disekolah, cobalah mempelajari materi selanjutnya tanpa harus menunggu penjelasan dari guru.

6. Pantang Menyerah
Sudah sewajarnya saat kita berlatih mengerjakan soal matematika, tetapi tidak menemukan jawabannya, mengalami kebingungan dan kesulitan. Jadi kenapa harus menyerah. Hadapi saja permasalah itu toh pada ujungnya kita pasti akan menghadapinya di Ujian Nasional. 


Nah, demikian Tips Jitu Untuk Menguasai Matematika yang bisa penulis bagikan, tips tersebut benar-benar pengalaman pribadi yang penulis alami. Semoga saja tips tersebut bisa menjadi referensi bagi adik-adik agar tidak lagi menjadikan matematika sebagai momok. Tetap Semangat Ya ....... (^_^)

Semoga bermanfaat. Jangan lupa dapatkan Ringkasan dan Latihan Matematika SMP Super Lengkap di Agus Blog

0 komentar