Media Berbagi

menangani virus komputer dengan 6 senjata

Pada artikel sebelum nya penulis sudah menjelaskan cara :
1. pengamanan registry dengan notepad
2. membuat file exe dengan iexpress
bila anda belum membacanya silahkan anda membacanya terlebih dahulu. Karena masih berhubungan erat dengan artikel yang sekarang ini.

ketika komputer kita terinfeksi oleh virus, kemungkinan besar komputer kita akan mengalami error.
biasanya virus akan menonaktifkan :
1. Task Manager (taskmgr.exe).
2. Registry Editor (regedit.exe).
3. Command Prompt (cmd.exe).
4. System Configuration Utility (msconfig.exe).
5. Konfigurasi Folder Option dan menyembunyikan menu Run dari Start.

sehingga kitapun akan mengalami kesulitan untuk menghapus file virus tersebut.
tapi syukurlah sekarang permasalahan tersebut dapat dengan mudah kita selesaikan, karena
sudah ada nya program untuk menangani virus komputer.
program itu antara lain:

1. Precess Explorer
Fungsi Task Manager adalah untuk melihat semua proses yang berjalan. Bila kita menemukan proses aneh maka kita bisa mematikan nya melalui Task Manager. Tetapi program virus tidaklah sebodoh yang kita pikirkan, mereka akan mengamankan prosesnya dengan cara menonaktifkan Task Manager. Sehingga proses virus sulit untuk dihentikan.
Dengan program ini anda tetap dapat melihat dan mematikan proses yang berjalan meskipun virus telah menonaktifkan Task Manager nya.






2. RegAyzer (registry portable)
Registry adalah database windows, dimana registry ini berfungsi sebagai tempat di letakkannya semua pengaturan pada windows, pada bagian inilah kita bisa mengubah settingan-settingan pada windows secara manual. Sehingga registry menjadi salah satu sasaran virus supaya memudahkan virus dalam aksinya. Bila registry sudah di nonaktifkan oleh virus maka kitapun tidak bisa mengubah settingan-settingan pada windows yang sudah di ubah oleh virus.
Dengan aplikasi RegAyzer ini kita tetap bisa menjalankan registry yang sifatnya portable.






3. Gs.exe (cmd portable)
Gs.exe memiliki fungsi menggantikan cmd.exe yang sifat nya portable. Cmd.exe sendiri memiliki fungsi untuk menjalankan baris perintah yang mustahil bisa di jalankan pada windows. Salah satunya adalah perintah “attrib” tanpa tanda petik. Perintah attrib memiliki fungsi untuk merubah hak akses sebuah file. Hak akses itu meliputi: R(read), S(system), H(hidden). Kebanyakan virus saat melakukan aksinya, mereka akan menyembunyikan file-file yang kiranya di anggap penting bagi pemilik computer (biasanya fil .doc, .xls dan lain-lain). Sehingga bila virus sudah menonaktifkan cmd.exe ini maka kita akan kusulitan menemukan file yang telah tersembunyi tadi.
Dengan program Gs.exe ini kita masih dapat menjalankan Cmd.exe yang sifat nya portable, meskipun cmd.exe sudah di nonaktifkan oleh virus.





4. Pengganti menu run
Pada menu run ini kita dapat menjalankan beberapa perintah untuk membuka sebuah menu-menu yang lainnya. Misalnya saja pada menu run kita ketikkan
a. Explorer = maka windows explorer akan terbuka
b. Regedit = maka form registry akan terbuka
c. Cmd = maka cmd.exe akan terbuka
d. Msconfig dan lain-lain.
Jadi sebenar nya menu run berfungsi sebagai jalan pintas untuk memanggil beberapa perintah. Bila menu run sudah di nonaktifkan oleh virus maka kita akan kesulitan untuk memanggil perintah-perintah tersebut. Dengan program ini anda tetap bisa menjalankan menu run meskipun sudah di nonaktifkan oleh virus.





5. Autoruns
Autoruns ini berfungsi untuk menggantikan msconfig.exe . Sedangkan msconfig sendiri berfungsi untuk melihat semua proses yang di jalankan saat windows melakukan booting pertamakali. Pembuat virus menyadari bahwa dengan adanya msconfig.exe ini maka keberadaan virus mereka akan terancam. Sehingga virus juga akan menonaktifkan msconfig.exe. Dengan program Autoruns ini maka kita masih bisa menjalankan msconfig.exe walaupun msconfig.exe pada windows kita sudah di nonaktifkan oleh virus.





6. Freecommander

Aplikasi in untuk menampilakan semua file yang tersembunyi, yang sebenarnya fungsinya menggantikan menu folder option. Pada windows yang normal menu folder option biasanya ada tetapi pada windows yang sudah terinfeksi oleh program virus maka biasanya menu ini akan di hilanggkan oleh virus karena dapat mengganggu kinerjanya. Dengan program ini maka kita masih bisa menemukan semua file yang di sembunyikan oleh virus meskipun folder option kita sudah di hilangkan oleh virus.

0 comments:

Post a Comment