Media Berbagi

Cara Mengembalikan Mbr (master boot record)


Apasih sebenarnya MBR?? mungkin dalam benak anda seperti itu. MBR merupakan salah satu sektor paling penting dalam sebuah hardisk yang menyimpan informasi Pc untuk proses boot dan loading sistem operasi.
MBR bisa mengalami masalah corrupt dan banyak sekali penyebabnya sehingga komputer tidak bisa melakukan booting:
contoh => saat kita memiliki 2 sistem operasi dalam satu komputer, misal nya saja (linux dan windows) terkadang kita ingin menghilangkan salah satu sistem operasi yang sudah ter install, terutama sistem operasi linux. Kebanyakan orang berfikir cara uninstall linux adalah dengan menghapus partisi linux. mereka yakin dengan menghapus partisi linux, sudah otomatis linux nya hilang sehingga size partisi untuk windows bertambah.....?, memang benar linux nya sudah tidak ada lagi, tetapi MBR nya juga akan ikut hilang, sehingga sama saja kita tidak bisa masuk kedalam sistem operasi windows...?

cara membenahi nya sangatlah mudah:
1. ubah booting komputer yang pertama menjadi cdroom,, bukan harddisk
2. jalankan live cd windows
3. saat muncul pilihan untuk repair windows, silahkan anda pilih saja repair windows
4. untuk masuk ke dos nya anda tinggal masukkan angka satu (1) setelah itu tinggal di enter saja
5. ketik dalam DOS nya "fixmbr" tanpa tanda petik
5. setelah itu restart komputer

kalau berhasil maka secara otomatis MBR yang tadinya hilang maka akan muncul kembali. sehingga kita bisa menjalankan windows lagi.....

Terus gimana supaya tidak mengalami hal seperti itu????
hendaknya lakukan backup MBR agar bilamana nanti MBR terjadi masalah maka bisa secepatnya diperbaiki seperti semula pada saat sebelum terinstall dua sistem operasi.

selamat mencoba :-)

0 comments:

Post a Comment