Mengembalikan Grub Pada Linux Ubuntu


saat komputer kita memiliki 2 sistem operasi atau sering di sebut "Dual Boot" biasanaya kita akan di hadapkan banyak masalah.

Salah satu contoh yang pernah saya alami =>
saya memiliki 2 sistem operasi dalam komputer saya, yang pertama adalah sistem operasi linux ubuntu, dan yang kedua sistem operasi windows.
pada waktu itu salah satu sistem operasi saya ("windows") terkena virus, dan mengharuskan saya untuk meng install ulang nya. dan setelah saya install ulang, GRUB di bagian paling depan sebelum kita menjalankan sistem operasi linux ubuntu saya hilang, sehingga saya nggak bisa masuk ke Linux ubuntu saya. seketika itu saya berfikir kalau linux ubuntu saya rusak akibat saya install ulang windows, setelah cari cari informasi di google, ternyata Linux ubuntu tidak lah rusak melainkan GRUB nya saja yang rusak.

Cara Membenahinya:
- jalankan live cd linux ubuntu ( tapi sebelum nya ubah booting yang pertama pada bios mejadi cd room dan bukan hardisk).
- buka terminal, caranya tekan tombol ALT+F2 setelah itu ketik "gnome-terminal" dan enter. atau klik menu Applications-Accessories-Terminal
- Pada Terminal, ketikkan sudo grub, maka prompt akan berubah menjadi grub>
- Ketik find /boot/grub/stage1 maka akan ada sebuah output. Contoh outputnya adalah hd0,1
- Ketik root (hdX,Y). Dimana X dan Y adalah keluaran angka dari no.5. Misalkan yang keluar
hd0,1. Maka X =0 dan Y=1. Lalu ketikkan root (hd0,1)
- Berikutnya menginstall GRUB ke MBR dengan perintah setup (hd0)
- Keluar dari grub shell dengan mengetik quit, dan restart komputer, (jangan lupa untuk
merubah settingan BIOS agar boot pertama ke hardisk anda).

" setelah itu GRUB secara otomatis akan kembali seperti semula "
selamat mencoba.........."bravo linux"

0 komentar